Zat warna

Melalui sumber keterangan dari Kang Yadi Supriadi sebagai koordinator dari komunitas TARAP (Tarum Areuy Product) dan Indigo Experimental Station at Pataruman (Kota Banjar) dapat diperoleh data perhitungan sementara apabila zat pewarna alam biru (Indigo dye) dalam bentuk pasta seberat 400 gram telah diperoleh dari bahan baku dedaunan dan batang (seluruh anatomi) sebanyak 4.000 gram [4 kg]).

Melalui data dasar tersebut kita dapat melihat skala perbandingan sebagai berikut:

. 400 gram (0,4 kg) = 4000 gram (4 kg).
. Skala perbandingan 4 : 40.
. Skala perbandingan 1 : 10.

Maka dengan demikian secara deduktif kita akan memperoleh data umum secara analisa matematis sebagai berikut:

. 100 gram (0,1 kg) cat dihasilkan dari 1.000 gram (1 kg) bahan.
. 500 gram (0,5 kg) cat dihasilkan dari 5.000 gram (5 kg) bahan.
. 1.000 gram (1 kg) cat dihasilkan dari 10.000 gram (10 kg) bahan.
. dan seterusnya dengan skala 1 : 10 (proporsi 1 x 10).

Dengan kata lain (hukum penyederhanaan), untuk membuat 1 kg cat dibutuhkan 10 kg bahan.

ditulis oleh

Gelar Taufiq Kusumawardhana

Penulis merupakan Jaro Puhu (Ketua Umum) pada Yayasan Buana Varman Semesta (BVS). Adapun Yayasan Buana Varman Semesta (BVS) memiliki ruang lingkup perhatian yang diwujudkan dalam membawahi Tiga Pilar Utama, yakni Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pelatihan (Department of Education, Teaching, and Training) bersama dengan unit kerja unggulannya yang bernama The Varman Institute - Pusat Kajian Sunda. Kedua Bidang Ekonomi dan Perdagangan (Department of Economy and Commerce) bersama dengan unit kerja unggulannya yang bernama House of Varman - Pusat Perdagangan Sunda. Dan ketiga Bidang Lingkungan dan Konservasi (Department of Environment and Conservation) bersama dengan unit kerja unggulannya yang bernama Bujangga Manik Geotrek - Pusat Penjelajahan Sunda. 

Pada saat ini penulis tinggal di Perumahan Pangauban Silih Asih Blok B No. 22 RT 01 RW 07 Kampung Cibodas Desa Pangauban Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat (Provinsi Jawa Barat).