Pertemuan dan presentasi sederhana di tengah situasi darurat pandemi hari ini dengan beberapa orang profesional yang mewakili salah-satu industri textile denim di Kota Cimahi.

Insyaallah setelah lebaran secepatnya akan diagendakan pertemuan lanjutan di kantor managemen dengan melibatkan managemen industri.

Jika pertemuan selanjutnya lancar maka akan direncanakan kolaborasi kerja antara tim H.o.V. dan tim kimia laboratorium pewarnaan industri denim untuk skala uji coba di secarik kain.

Jika uji coba secarik kain dianggap baik. Tahap selanjutnya akan melibatkan pencelupan benang denim untuk skala lebih besar. Minimal satu bak uji coba pewarnaan melibatkan sebanyak 500 liter air. Dan biasanya lebih dari satu bak larutan pewarna, minimal dua atau tiga bak pewarnaan yang fungsinya untuk mencelup dalam beberapa kali celupan.

Adanya penjajakan kerjasama ini dikarenakan adanya dua pihak yang sedang membutuhkan kerjasama. Industri dipicu oleh adanya keharusan inovasi prodak dan juga upaya mengintegrasikannya pada soal-soal lingkungan Go Green. Sementara H.o.V./V.I. sedang berharap melakukan revitalisasi nilai ekonomi pada indigo natural dye (pencelup alami dari tarum) untuk menjaga kesetimbangannya dengan nilai-nilai konservasi.

Batujajar, 20 Mei 2020
Gelar Taufiq Kusumawardhana
H.o.V./V.I.

ditulis oleh

Gelar Taufiq Kusumawardhana

Ketua House of Varman, aktif menulis untuk Varman Institute. Tinggal di Desa Pangauban, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (Provinsi Jawa Barat)