Mahasiswa Jurusan Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan dari Universitas Kebangsaan Kota Bandung melakukan kegiatan praktikum lapangan pada mata kuliah Konservasi Lingkungan ke Kampung Cireundeu di Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi. Sekitar 30 mahasiswa semester IV tersebut yang meliputi kelas karyawan dan reguler telah memutuskan untuk memberikan hadiah berupa 50 bibit Tarum Areuy (Marsdenia tinctoria R.Br.) kepada komunitas adat Jati Sunda yang berjumlah sekitar 60 KK di wilayah Kampung Cireundeu tersebut. Penerima pohon dari komunitas adat diwakili oleh Jajat, sementara yang memberikannya Intan Mulia Pratama sebagai ketua panitia praktikum. Kegiatan praktikum tersebut didampingi langsung oleh dosen pengampu mata kuliah bernama Rd. Ayu Mutiara Artha Lestari, M.IL yang memiliki latar belakang studi Antropologi dan Lingkungan. Kegiatan di isi dengan perbincangan di bale pertemuan dan dilanjutkan dengan kunjungan langsung ke hutan larangan milik komunitas adat Kampung Cireundeu. Sebagai suatu prosedur adat yang ada di tempat tersebut, setiap jenis pohon akan dikarantina selama 40 hari dan kemudian dikaji secara adat kelayakannya. Jika telah disepakati, maka Tarum Areuy kemudian akan menempati lahan adat sebagai salah-satu kekayaan tumbuhan di sana. Tumbuhan yang masih memiliki jumlah yang terbatas, telah menempuh perjalanan dari komunitas Tarum Areuy Prodak (Tarap) di Kota Banjar sebagai basis pembibitan dan kemudian transit melalui Indigo Eksperimental Station yang digalakan oleh House of Varman (H.o.V.) dan GTK Art & Work Station di Batujajar Kabupaten Bandung Barat. GTK/Varman Institute.

Cc: Hatur nuhun @teddy_prihastowo anggota Gandawesi-Perhimpunan Pecinta Alam FPTK UPI dan anggota Koloni Hitam telah merekomendasikan tumbuhan Tarum Areuy. Dan Kang @hilmut_jnt anggota Jantera-Perhimpunan Pecinta Alam Departemen Geografi FPIPS UPI dan pendiri komunitas Tarap yang telah menyuplai Tumbuhan Tarum Areuy dari Banjar. Gelar Taufiq Kusumawardhana

ditulis oleh

Gelar Taufiq Kusumawardhana

Ketua House of Varman, aktif menulis untuk Varman Institute. Tinggal di Desa Pangauban, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (Provinsi Jawa Barat)