Kekasih,

alirkan air mata tumpahkan kesedihan

hembuskan kesepian pecahkan kotak rahasia

biarkan air mata menjadi sungai jernih

biarkan kesedihan menumbuhkan pohon

biarkan kesepian mencipta peradaban

biarkan pengetahuan menerangi jalan

tak ada masalah tanpa pemecahan

tak ada kesulitan tanpa kemudahan

agama bukanlah bait jampi-jampi

dan adat istiadat bukanlah penjara

Kekasih,tak ada mudarat dari caci-maki

tak ada delik dari desas-desus

tak ada pasal dari gosip-gosip

hiduplah dengan sangat berani

Batujajar, 30 Januari 2022

ditulis oleh

Gelar Taufiq Kusumawardhana

Penulis merupakan Jaro Puhu (Ketua Umum) pada Yayasan Buana Varman Semesta (BVS). Adapun Yayasan Buana Varman Semesta (BVS) itu sendiri memiliki ruang lingkup perhatian yang diwujudkan dalam Tiga Pilar Utama, yakni Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pelatihan (Department of Education, Teaching, and Training) dengan unit kerja unggulannya bernama The Varman Institute – Pusat Kajian Sunda. Kedua Bidang Ekonomi dan Perdagangan (Department of Economy and Commerce) dengan unit kerja unggulannya bernama House of Varman – Pusat Perdagangan Sunda. Dan ketiga Bidang Lingkungan dan Konservasi (Department of Environment and Conservation) dengan unit kerja unggulannya bernama Bujangga Manik Geotrek – Pusat Penjelajahan Sunda.

Pada saat ini penulis tinggal di Perumahan Pangauban Silih Asih Blok R No. 37 Desa Pangauban Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat (Provinsi Jawa Barat).

"Menulis untuk ilmu dan kebahagiaan. Menerbangkan doa dan harapan atas hadirnya kejayaan umat Islam dan bangsa Indonesia".