Body of Knowlege/Art of States H.o.V.
House of Varman dirancang sebagai organisasi yang terbuka berdasarkan kaidah dan regulasi keanggotaan yang akan ditentukan. Anggota adalah pemilik tertinggi kelembagaan House of Varman.

House of Varman juga dirancang memiliki lembaga Konsul (Consultative Assembly) yang akan berfungsi menjadi lembaga tertinggi Musyawarah dalam sistem organisasi. Lembaga tersebut akan dibuat sebagai representasi keberadaan dan aspirasi seluruh anggota berdasarkan sistem Perwakilan. Tugas utama Konsul adalah menyelesaikan rancangan AD/ART dan menetapkan Direktur.

House of Varman dirancang memiliki stuktur kerja dan struktur organisasi eksekutif yang dipimpin oleh seorang Director General yang dipilih oleh Consultative Assembly. Direktur atau Ketua tersebut membawahi struktur di bawahnya sebagai bidang-bidang kerja yang membatu dan menyokong rencana kerja organisasi.

Bidang kerja yang pertama adalah Department of Education, Teaching, and Training. Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pelatihan atau singkatnya Bidang Pendidikan. Pendidikan adalah nilai dan makna keseluruhan yang sifatnya mendalam, Pengajaran adalah proses transfer keilmuan. Dan Pelatihan adalah bersifat penguasaan basik skill yang sifatnya praktis. Ketiga elemen tersebut menjadi penting untuk dilakukan secara bersamaan dengan alasan sasaran dan pendekatan yang berbeda. Bidang Pendidikan tersebut dipimpin oleh seorang Direktur Pendidikan.

Melalui Bidang Pendidikan tersebut lahir The Varman Institut yang telah berjalan sebagai Pusat Kajian Sunda Alternatif. The Varman Institute atau VI menjalankan tugasnya sebagai kelompok kecil elite (limited group), think tank (kekuatan berpikir), dan wahana silaturahmi dan bertukar pikiran.

Bidang Kerja yang kedua adalah Department of Social and Community Service. Bidang Sosial dan Pengabdian Masyarakat ini menekankan pada kerja yang berdampak praktis pada sendi-sendi proteksi Sosial-Kemasyarakatan dan juga basis-basis kewilayahan dan lingkungan hidup yang menjadikannya latar belakang yang melekat.

Melalui Bidang Sosial, akan diluncurkan The Varman Outdoor. Tugasnya melakukan ekpedisi, eksplorasi, silaturahmi, kunjungan-kunjungan pada basis kewilayahan dan kemasyarakatan. Baik berupa kerja-kerja konservasi dan lingkungan hidup, juga kerja-kerja yang sifatnya sosial kemasyarakatan.

Bidang kerja yang ketiga, yang diapit oleh kedua sayap barusan adalah Department of Economic and Finance. Departemen Ekonomi dan Keuangan ini akan berhubungan dengan masalah-masalah Ekonomi dan Keuangan. Departemen tersebut menjadi jantung utama organisasi sebagai tesis untuk menjawab persoalan lemahnya basis Ekonomi dan Keuangan masyarakat pribumi.

Dari Departemen Ekonomi tersebut akan dilahirkan lembaga atau Unit Research and Development (R&D) sebagai pintu gerbang pengkajian dan eksplorasi terhadap banyak hal yang kemungkinan bisa digunakan sebagai basis untuk melahirkan projek-projek dan prodak-prodak Kerakyatan dan Kemandirian yang mampu dimaknai sebagai potensi dalam Komersial dan Perdagangan.

Dengan demikian selepas masuk tahap R&D yang memiliki spektrum luas sejak dari Perdagangan Umum, Basis Produksi, Konveksi, Pertanian, Peternakan, Perikanan, Perkebunan, Art and Culture, Konservasi, Publishing, dan lain sebagainya akan ditake-over menuju lembaga selanjutnya, yakni unit Komersial dan Perdagangan (Commerce and Trading).

Departemen Pendidikan dan Departemen Sosial bersifat Non Profit. Sementara Departemen Ekonomi lewat R&D dan eksekusinya pada Commerce and Trading dimaknai secara berkesadaran sebagai Profit. Dasar-dasar keseimbangan antara vitalitas bisnis yang besar dan tanggung jawab sosial yang juga besar telah dijawab secara teoretik dengan sederhana dan gamblang dalam sistem dan kaidah Islam melalui Zakat, terutama Zakat Maal (Zakat Kekayaan).

Dia berbeda dengan sistem Tax (Pajak) yang dikembangkan dalam sistem Kapitalisme untuk menjawab problem Sosial-Ekonomi masyarakat Barat (meskipun secara historis dapat dilacak jejaknya pada Zakat). Dia juga berbeda dengan solusi yang ditawarkan Komunisme yang Anti Tax karena akan diselesaikan dengan hadirnya Masyarakat Tanpa Kelas. Perhitungan dan dampak signifikan yang dihasilkan dalam skema zakat dapat presentasikan dengan baik dan lugas dalam menyelesaikan problem Sosial Ekonomi secara alamiah.

Selain ditemani ketiga Bidang Kerja yang dipimpin masing-masing oleh Direktur, Direktur Utama didampingi juga oleh tangan kanan dan tangan kirinya berupa. Pertama Sekretaris, dia memelihara dan menjaga aset-aset dokumentasi dan kearsipan; Archive Officer.

Dan Kedua Bendahara, yang menjaga dan mendokumentasikan aset-aset kekayaan organisasi. Bendahara adalah Treasury Officer, dia mengamankan Tresury atau Wealth yang tidak hanya bermakna Money. Dia akan menjalankan tugasnya dalam menjaga dan memelihara garda Baitul Maal (House of Treasury).

Idealnya jika role of model H.o.V. yang bergerak dari Bandung Raya berjalan mulus. Kadipaten-kadipaten lainnya bisa mengkonsolidasi agar terbentuknya H.o.V. lainnya pada wilayah-wilayah berbeda secara sederajat dan tidak bersifat centralistik sesuai dengan potensi dan tantangan SDM dan SDA yang ada. Jejaring wilayah-wilayah kemudian hari bisa beemusyawarah untuk menentukan atap konfederasinya yang lebih bersifat luas dalam memayunginya.

ditulis oleh

Gelar Taufiq Kusumawardhana

Penulis merupakan Jaro Puhu (Ketua Umum) pada Yayasan Buana Varman Semesta (BVS). Adapun Yayasan Buana Varman Semesta (BVS) memiliki ruang lingkup perhatian yang diwujudkan dalam membawahi Tiga Pilar Utama, yakni Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pelatihan (Department of Education, Teaching, and Training) bersama dengan unit kerja unggulannya yang bernama The Varman Institute - Pusat Kajian Sunda. Kedua Bidang Ekonomi dan Perdagangan (Department of Economy and Commerce) bersama dengan unit kerja unggulannya yang bernama House of Varman - Pusat Perdagangan Sunda. Dan ketiga Bidang Lingkungan dan Konservasi (Department of Environment and Conservation) bersama dengan unit kerja unggulannya yang bernama Bujangga Manik Geotrek - Pusat Penjelajahan Sunda. 

Pada saat ini penulis tinggal di Perumahan Pangauban Silih Asih Blok B No. 22 RT 01 RW 07 Kampung Cibodas Desa Pangauban Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat (Provinsi Jawa Barat).