Persiapan ke Pulau Onrust
Sudah lama aku tidak mengadakan perjalanan jauh bersama perhimpunanku Margasophana, rasa ingin kembali setelah “off” sekian tahun lamanya membuatku rindu ingin berkegiatan lagi. Pertemuan anggota Margasophana pada tanggal 1 Maret 2014 yang kuhadiri di kampus UPI tercinta dan Cipaku sangat menggugah semangatku karena pertemuan itu menghasilkan keputusan bahwa Margasophana akan mengadakan perjalanan ekspedisi ke Pulau Onrust. Ide perjalanan ekspedisi ini tak lepas dari pemikiran dan kesanggupan Prof Dadan Wildan selaku anggota dan senior Margasophana sebagai sponsornya. Terlintas dalam benakku inilah kesempatan langka untuk mengenal lebih dekat pulau bersejarah tersebut, karena selama ini aku hanya mengetahuinya dari tayangan di televisi seperti Jejak Petualang dan lain sebagainya. Tekad sudah bulat, aku harus berangkat!


Setelah menghadiri pertemuan tersebut, aku kembali ke Jakarta pada kesibukanku mengajar. Aku sempatkan membaca berbagai literatur tentang Pulau Onrust. Ternyata pulau ini benar-benar pulau yang eksotis dan menyimpan kisah sejarah yang panjang, terpendam selama berabad-abad lamanya. Rasanya tidak sabar lagi menunggu kabar dari anggota aktif Margasophana di kampus, sehingga membuatku selalu bertanya-tanya pada mereka via telepon dan sosial media, “kapan kita berangkat ke sana?”
Junior-juniorku ternyata masih berbenah diri, selain jadwal kuliah yang cukup padat, mereka juga disibukkan dengan konsolidasi Margasophana, memang tidak mudah me-manage sebuah organisasi yang notebene-nya telah berusia 30 tahun untuk tetap eksis berdiri, namun tetap dengan semangat yang membara dan niat yang positif dan ikhlas, para juniorku itu patut diacungi jempol, selamat berjuang ya adik-adikku, salam Margasophana!


Setelah kutunggu-tunggu, sekitar pertengahan bulan Agustus 2014, kabar gembira pun datang. Rizal anggota muda Margasophana, menginformasikan jadwal pemberangkatan Margasophana ke Pulau Onrust yang akan dilaksanakan pada tanggal 27-28 September 2014. Persiapan seperti perizinan, membuat kaos kegiatan, sosialisasi kegiatan kepada jajaran dosen dan mahasiswa-mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah UPI Bandung, dan manajemen perjalanan sudah dilakukan oleh mereka di kampus.


Tinggal menunggu konfirmasi dari para senior yang akan ikut mendampingi ekspedisi tersebut. Tentu saja aku mengkonfirmasikan bahwa aku siap berangkat untuk mendampingi, tinggal senior lainnya, siapa saja yang akan ikut ke Pulau Onrust nanti. Setelah konfirmasi kepada para senior lainnya, ternyata selain diriku, Agustina (Azuz) dan Indra Lesmana juga sudah dipastikan siap untuk berangkat mendampingi kegiatan ekspedisi ini.